biografi joko widodo

Perjalanan Singkat Dan Biografi Joko Widodo

Joko Widodo adalah presiden ke-7 di Indonesia yang tengah menjalankan pemerintahkannya saat ini. Dengan wakilnya Ma’ruf Amin, Jokowi, begitu panggilan akrabnya menjadi sosok yang memang sangat berpengaruh dalam segala kebijakannya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya anda penasaran bagaimana biografi joko Widodo itu sendiri, yang tadinya berprofesi sebagai pengusaha mebel sehingga akhirnya menjadi orang nomor 1 di Indonesia.

Tentunya banyak orang yang penasaran bagaimana seorang presiden di Indonesia mengawali karirnya sehingga menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh. Kesuksesannya dalam bisnis juga membuktikan bahwa Jokowi merupakan pekerja yang sangat Tangguh. Anda tentunya penasaran bagaimana Jokowi memulai usaha dan juga karirnya di bidang politik sehingga ulasan ini akan sangat menarik untuk anda.

Perjalanan dan biografi joko Widodo

biografi joko widodo

Jokowi mempunyai nama lengkap Ir. H. Joko Widodo.Jokowi lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 dari seorang ibu yang bernama Sujiatmi Notomihardjo dan ayahnya bernama Noto Mihardjo. Jokowi mempunyai 3 saudara , yaitu Iit Sriyantini, Titik Relawati dan Ida Yati. Keluarganya menjalani kehidupan di Sukakarta dalam kesederhanaan dan juga keras. Jokowi sejak kecil sudah hidup keras dengan menjadi seorang kuli panggul ketika masih berada di usia sekolah dasar, pernah menjadi ojek payung dan kebiasaannya berdagang telah tumbuh sejak kecil dari dalam dirinya.

Keahlian menjadi tukang kayu memang didapatkan Jokowi dari ayahnya yang juga sudah menjadi ahli kayu sejak dulu. Jokowi mengalami banyak peristiwa yang membuat hidupnya berubah. Sejak kecil sudah diajarkan untuk lebih banyak bekerja dan juga bisa menjadi pemimpin untuk diri sendiri.

Setamat dari SMA, Jokosi diterima sebagai salah satu mahasiswa di jurusan kehutanan di universitas yang sangat terkenal di Jogja, yaitu UGM atau Universitas Gajah Mada. Dari sini Jokowi mulai mengembangkan kemampuannya dalam hal kayu dan bagaimana pemanfaatnya sehingga bisa menjadi salah satu pemilik usaha mebel yang sangat diperhitungkan.

Usahanya sejak kecil belajar tampaknya memang menjadi hal yang berbuah manis hingga kini karena Jokowi sendiri sudah sangat terkenal dengan perusahaan mebel yang Ia punyai sendiri. Berbekal semua itu, Jokowi akhirnya bisa menempati kedudukan dan bisa mempunyai kehidupan yang jauh lebih layak daripada masa kecilnya dulu.

Tak berhenti sampai disitu, Jokowi yang lulus kuliah pada 1985, setelah itu menikah dengan seorang wanita pujaannya, Iriana Joko Widodo. Bersama dengan Iriana, Jokowi mempunyai 3 orang anak bernama Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming, dan juga Kaesang Pangarep yang akhirnya juga banyak mengikuti jejak ayahnya dengan membuka banyak bisnis sendiri sebagai pekerjaannya.

Hal hal menarik tentang Joko Widodo

biografi joko widodo

Biografi joko Widodo memang sangat menarik jika ditilik dari sejarah bagaimana Ia berhasil mendirikan sebuah usaha mebel yang sangat terkenal dan masih dipegangnya hingga kini. Jokowi pernah bekerja di sebuah perusahaan kertas yang bernama PT Kraft Aceh yang merupakan sebuah perusahaan BUMN. Namun memang karena merada tidak betah dengan pekerjaanya tersebut, Jokowi akhirnya mengundurkan diri dan mulai berbisnis kau mebel di kota Solo pada saat kelahiran anaknya yang pertama.

Jokowi awalnya bekerja di perushaan bernama Roda Jati yang merupakan perusahaan pamannya sehingga memang mempunyai banyak sekali pengalaman berharga akan usaha mebel dari pamannya ini. Dari sini Jokowi mulai tau bagaimana menjalani sebuah usaha mebel hingga akhirnya mendirikan sebuah usaha kayu yang ia namakan CV Rakabu. CV Rakabu didirikan pada tahun 1988 dan bergerak di bagian mebel kayu dengan nama usahanya yang diambil dari nama anaknya yang pertama, Gibran Rakabuming.

Usahanya memang tidak selalu menajak bagus, namun juga mengalami gejolak pasang surut selama berada di tahun tahun 1990. Berkat adanya pinjaman dari ibunya, akhirnya Ia bisa membuat usahanya Kembali bangkit dan berjalan dengan normal lagi.

Uniknya, presiden ke-7 Indonesia ini memang dikenal namanya sebagai Jokowi karena ini adalah nama panggilan yang diberikan oleh pelanggannnya yang merupakan seorang pria dengan kebangsaan Jerman. Sehingga akhirnya nama itu menjadi nama panggilan Jokowi yang menjadi dikenal di seluruh Indonesia. Pelanggannya yang bernama Mikl Romaknan itu memang sangat menyukai hasil dari mebel usaha Jokowi sehingga menjadi salah satu jalan bagaimana usaha Jokowi ini sampai ke luar negeri.

Jokowi terjun di dunia politik mengawali karirnya sebagai Walikota Solo pada tahun 2005. Berkat dirinya, Solo menjadi kota yang sangat teratur dan menjadikan namanya semakin dikenal sehingga akhirnya menjadi seorang Gubernur di DKI Jakarta dan saat ini menjabat sebagai presiden di Indonesia. Biografi joko Widodo sangat Panjang jika ditilik dari perjuangannya sebagai seorang tukang kayu dari Solo sehingga akhirnya menjadi presiden yang memang kerap banyak dibicarakanya karena kebiasannya yang sangat terjuna langsung ke lapangan.